Bagi para pemula yang pengen banget buat cake seperti bolu, atau brownies aku sarankan pake cara dikukus aja dulu ketimbang pake oven karena kalo belum ahli bener, kuenya bakalan gosong atau bantat. lebih baik dikukus aja karena selain terhindar dari kegagalan dalam membuat kuenya, rasa kue yang dikukus ini juga gak kalah enaknya kok dibanding kue oven. berikut aku berikan tips cara mengukus kue yang baik:

  • Pastikan air kukusan sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap.
  • Lapisi tutup dandang dengan serbet, meskipun dandangnya sudah punya saluran untuk mengeluarkan uap air berlebih.
  • Ketika loyang dimasukkan ke dandang/kukusan, gunakan api sedang. Api besar ternyata berpengaruh terhadap hasil akhir dari cake kukus lhooo. Yang penting, apinya sudah cukup untuk mempertahankan air kukusan tetep mendidih dan menghasilkan uap yang cukup banyak.
  • Lapisi loyang dengan kertas roti atau parchment paper. Kalo gak ada pake plastik bekas gula juga gak apa-apa kok. Jangan kuatir takut plastiknya meleleh, karena kalo dengan cara dikukus, tuh plastik gak bakal meleleh kok.
  • Khusus untuk bolkus dan muffin, gunakan api besar.
  • Jika mengukus cake dengan cara berlapis, tiap lapisan cukup dikukus selama 5 s/d 10 menit sebelum memasukkan lapisan berikutnya. Setelah adonan habis, selesaikan dengan mengukusnya selama 15 s/d 20 menit.
  • Sedangkan jika seluruh adonan dikukus sekaligus, 40 menit adalah waktu yang cukup untuk mengukusnya.
  • Brokus yang udah matang, sebaiknya lsg dikeluarkan dari kukusan, diamkan sebentar, lalu segera dikeluarkan dari loyang… kalo kelamaan dikukusan, meskipun di kukusan udah dibuka tutupnya, bagian bawah akan basah ga karuan… (( stl dikeluarkan dari loyang, diamkan juga dalam keadaan terbalik.. jadi bagian bawahnya biar agak adem dulu, baru deh dibalik lage.. tapiiii… kertas roti jgn dilepas dulu sebelum benar2 dingin.. terutama kertas roti yang nempel di pinggir kue.. biar ga jadi rusak kuenya yaaa…
  • Kalo menyimpan, cake/kue kukus bisa disimpan di kulkas.. dan jika ingin menyantapnya, cukup dikukus lagi selama 5 – 10 menit.
  • Kalau mau membuat kue kukus dengan lapisan, jangan pernah mengeluarkan loyang dari kukusan.. penambahan dilakukan dengan posisi loyang tetap di dalam kukusan.. jika merasa tidak nyaman karena panas, disarankan untuk menggunakan sarung tangan

oke selamat mencoba ya..!!

About these ads