pantai-leato.jpg

Gemulung ombak bergerak perlahan menghempas tepian pantai. Sejauh mata memandang terhampar samudra dengan keelokan alamnya. Di ufuk barat mentari mulai memasuki batas cakrawala. Langit dan air

laut memantulkan warna kemerah-merahan. Begitulah pesona sunset di Pantai Leato.

Suasana menakjubkan di kala senja itu sangat menggugah hati manusia akan kebesaran Sang Pencipta. Apabila seorang fotografer mampu mengabadikan momen itu dengan baik, tentu foto yang dihasilkan akan dikagumi orang. Tetapi kalau sunset itu disaksikan secara langsung, tentu saja kekaguman itu akan melebihi apa yang terlihat dalam foto.

Pantai Leato terdapat di Kelurahan Leato, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Untuk mencapai lokasi pantai itu pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, dengan jarak tempuh sekitar 5 km dari pusat kota. Perjalanan menuju ke sana dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, atau menggunakan angkot jurusan Leato dengan tarif Rp 1.000 per orang.

Barangkali memang sudah ditakdirkan Sang Pencipta, jika di bagian selatan Teluk Tomini ini terdapat sejumlah pantai yang indah. Dari pantai Leato hingga ke Kecamatan Bonepantai (Kabupaten Gorontalo) yang berbatasan dengan Kabupaten Bolaang Mongondow, kita dapat menjumpai beberapa pantai dengan pesona yang sangat memikat.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan pantai lainnya, maka Pantai Leato memiliki keistimewaan tersendiri. Kalau pantai lainnya berada di bawah jurang atau jauh dari jalan, tidak demikian dengan Pantai Leato. Pantai ini terdapat di tepi jalan dengan hamparan pasir putihnya. Letak pantai ini pun cukup strategis karena berdekatan dengan Pelabuhan Feri dan Pelabuhan Gorontalo. Hal ini sangat mendukung untuk pengembangannya.

Menikmati pemandangan alam dan keelokan samudra di Pantai Leato, mengajak kita menyatu dengan alam. Kelembutan ombaknya memungkinkan pengunjung dapat berjalan dengan tenang di tepian pantai itu. Terkadang sejumlah perahu nelayan merapat ke pinggiran pantai. Para pengunjung dapat membeli beberapa ekor ikan, dari nelayan yang ada di atas perahu. Inilah salah satu dari sekian banyak suasana yang ditawarkan untuk wisatawan.