September 2007


sambaldabudabu.jpg

Bagi yang pengen nyobain sambal yang agak beda, sambal dabu-dabu ini bisa jadi pilihan lho, walopun aslinya sambal ini dari Manado tapi dirumah-rumah makan Gorontalo sering menyajikan ikan bakar, cumi dlll bersama dengan sambal ini…rasanya pedas, asam, gurih…slurrrppp…oishii desune !! 

Bahan-bahan: 

3 bh jeruk nipis
2 buah tomat segar, potong kotak2 kecil
2 sdm minyak goreng, panaskan

10 bh bawang merah
10 bh cabai merah
2 bh cabai rawit
garam secukupnya

Cara membuatnya:

Bahan yang sudah ditumbuk kasar, dicampur dengan irisan tomat.
Siram dengan minyak goreng yang sudah dididihkan, tambahkan garam.
Beri perasan jeruk nipis, sampai rasanya asam-pedas.
Siap dimakan dengan ikan bakar/goreng/cumi bakar

Ok. Selamat mencoba !!!

kuesalju.jpg

Lebaran sebentar lagi niyh….ayo buruan kita buat kue kering..salah satunya adalah kue putri salju ini..cobain ya… 

Bahan:
150 g mentega tawar
100 g margarin
100 g gula pasir berbutir halus
200 g kacang mete, sangrai, tumbuk halus
250 g tepung terigu

Taburan, aduk rata:
100 g gula bubuk, ayak
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
1. Kocok mentega, margarin dan gula pasir hingga lembut.
2. Masukkan mete halus dan tepung terigu secara bertahap sambil aduk hingga rata.
3. Bulatkan adonan, simpan dalam lemari es selama 1 jam.
4. Bentuk adonan menjadi bentuk bulan sabit.
5. Taruh di atas loyang datar dan panggang dalam oven panas selama 160 C selama 30 menit hingga kuning kecokelatan. Angkat.
6. Setelah agak dingin, taburi dengan gula bubuk hingga rata.
7. Simpan dalam stoples bertutup rapat.

(Untuk 750 gram)

milusiram.png

Special dari Gorontalo… cocok banget kalo pas lagi flu berat makan ini bakalan segerrrr deh..selain itu rasanya juga enak banget, berasa pedes, asam n gurih..

Bahan-bahan:

1) 5 bonggol Jagung segar di pipil terus di rebus.. (pake dikit garem sesuai selera)

2) Ikan cakalang… Tuna or Tenggiri kalo suka… yg enak udah dibakar dulu baru di cabik2 kecil. (kalo gak ada ganti ma ikan cue digoreng dan cabik2)

3) 10 bh cabe rawit (banyak terserah yang suka pedes yaa)

4) 10 bawang merah di iris kasar..

5) 2 batang bawang daun , daun kemangi secukupnya.. kedua bahan ini iris halus….

6) 3 bh jeruk lemon… or nipis

7) kalo suka tambahin udang kecil segar.. (lebih enak)

8) Kelapa parut segar dari 1 buah kelapa…

Cara membuat:

Campurkan jadi satu semua bahan-bahan…(praktis kan ! ^ v ^ )…selamat mencoba ya…

Rahasia kebahagiaan adalah memusatkan perhatian pada
kebaikan dalam diri orang lain. Sebab, hidup bagaikan
lukisan… Untuk melihat keindahan lukisan yang
terbaik sekalipun, lihatlah di bawah sinar yang
terang, bukan di tempat yang tertutup dan gelap sama
halnya sebuah gudang.

Rahasia kebahagiaan adalah
tidak menghindari kesulitan. Dengan memanjat bukit,
bukan meluncurinya, kaki seseorang tumbuh menjadi
kuat.

Rahasia kebahagiaan adalah
melakukan segala sesuatu bagi orang lain. Air yang tak
mengalir tidak berkembang. Namun, air yang mengalir
dengan bebas selalu segar dan jernih.

Rahasia kebahagiaan adalah
belajar dari orang lain, dan bukan mencoba mengajari
mereka. Semakin kita menunjukkan seberapa banyak kita
tahu, semakin orang lain akan mencoba menemukan
kekurangan dalam pengetahuan kita.

Rahasia kebahagiaan adalah
kebaikan hati… memandang orang lain sebagai anggota
keluarga besar kita. Sebab, setiap ciptaan adalah
milik kita. Kita semua adalah ciptaan Tuhan yang satu.

Rahasia kebahagiaan adalah
tertawa bersama orang lain, sebagai sahabat, dan bukan
menertawakan mereka, sebagai hakim.

Rahasia kebahagiaan adalah
tidak sombong. Bila kita menganggap mereka penting,
kita akan memiliki sahabat ke manapun kita pergi.
Ingatlah bahwa musang yang paling besar akan
mengeluarkan bau yang paling menyengat.

Kebahagiaan datang kepada mereka yang memberikan
cintanya secara bebas, yang tidak meminta orang lain
mencintai mereka terlebih dahulu. Bermurah hatilah
seperti mentari yang memancarkan sinarnya tanpa
terlebih dahulu bertanya apakah orang-orang patut
menerima kehangatannya.

Kebahagiaan berarti menerima apapun yang datang, dan
selalu mengatakan kepada diri sendiri “Aku bebas dalam
diriku”.

Kebahagiaan berarti membuat orang lain bahagia. Padang
rumput yang penuh bunga membutuhkan pohon-pohon di
sekelilingnya, bukan bangunan-bangunan beton yang
kaku. Kelilingilah padang hidup kita dengan
kebahagiaan.

Kebahagiaan berasal dari menerima orang lain
sebagaimana adanya; nyatanya menginginkan mereka bukan
sebagaimana adanya. Betapa akan membosankan hidup ini
jika setiap orang sama. Bukankah taman pun akan tampak
janggal bila semua bunganya berwarna ungu?

Rahasia kebahagiaan adalah
menjaga agar hati kita terbuka bagi orang lain, dan
bagi pengalaman-pengalam an hidup. Hati laksana pintu
sebuah rumah. Cahaya matahari hanya dapat masuk
bilamana pintu rumah itu terbuka lebar.

Rahasia kebahagiaan adalah
memahami bahwa persahabatan jauh lebih berharga
daripada barang; lebih berharga daripada mengurusi
urusan sendiri; lebih berharga daripada bersikukuh
pada kebenaran dalam perkara-perkara yang tidak
prinsipiil.

Renungkan setiap rahasia yang ada di dalamnya. Rasakan
apa yang dikatakannya.

cakezebrakukus1.jpg

hoo..ho..ho..ho… ada resep baru niyh yang simpel bahannya dan enak banget lho rasanya…cara memasaknya juga gampang gak perlu pake oven, cukup dikukus aja pake dandang ato panci dirumah..soalnya aku belum beli oven niyh..pengen siyh..tapi entar2 aja deh, lagi pengen nyoba cake yang dikukus2 dulu.. soalnya kalo cake kukus kan gak akan pernah bantat seperti cake oven..heuehehehe…

Bahan A:
8 btr     telor
250 gr  gula pasir
1 sdm   emulsifier
½ sdt    garam

Bahan B:
250 gr  tepung terigu
50 gr    susu bubuk

Bahan C:
50 gr    mentega, lelehkan
50 gr    susu segar

Bahan D:
75 gr    margarine, lelehkan
2 sdm   kopi instan, cairkan
1 sdm   mocca pasta

Cara membuatnya:
kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B sambil diayak. Aduk rata. Timbang, bagi 2 sama rata.
Satu bagian, diberi bahan C, aduk rata, sisihkan.
Satu bagian lagi, diberi bahan D, aduk rata, sisihkan.
Penyelesaian : ambil loyang bulat garis tengah 24cm, taruh satu centhong adonan putih dibagian tengah, tuang diatasnya satu centhong lagi adonan mocca diatasnya, tuang lagi adonan putih, bergantian dengan adonan mocca disatu titik, hingga adonan habis.
Kukus selama 1 jam. Angkat, potong-potong. Sajikan.
Selamat mencoba ya…