aneka kue


donat-kentang.jpg

lagi pengen makan donat kentang niy..mo beli udah biasa, mending nyoba bikin sendiri aja deh, sekalian nambah ilmu juga, lagian hasilnya kan juga dapet lebih banyak..nyam…nyam…nyam…nyam.. 🙂

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat

ohya ada juga niy tips sukses membuat donat kentang :

1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.

2. Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.

3. Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan 🙂

4. Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn…waaa.., raginya langsung mati deh.

5. Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.

6. Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.

7. Lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.

8. goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam) Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.

kuesalju.jpg

Lebaran sebentar lagi niyh….ayo buruan kita buat kue kering..salah satunya adalah kue putri salju ini..cobain ya… 

Bahan:
150 g mentega tawar
100 g margarin
100 g gula pasir berbutir halus
200 g kacang mete, sangrai, tumbuk halus
250 g tepung terigu

Taburan, aduk rata:
100 g gula bubuk, ayak
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
1. Kocok mentega, margarin dan gula pasir hingga lembut.
2. Masukkan mete halus dan tepung terigu secara bertahap sambil aduk hingga rata.
3. Bulatkan adonan, simpan dalam lemari es selama 1 jam.
4. Bentuk adonan menjadi bentuk bulan sabit.
5. Taruh di atas loyang datar dan panggang dalam oven panas selama 160 C selama 30 menit hingga kuning kecokelatan. Angkat.
6. Setelah agak dingin, taburi dengan gula bubuk hingga rata.
7. Simpan dalam stoples bertutup rapat.

(Untuk 750 gram)

cakezebrakukus1.jpg

hoo..ho..ho..ho… ada resep baru niyh yang simpel bahannya dan enak banget lho rasanya…cara memasaknya juga gampang gak perlu pake oven, cukup dikukus aja pake dandang ato panci dirumah..soalnya aku belum beli oven niyh..pengen siyh..tapi entar2 aja deh, lagi pengen nyoba cake yang dikukus2 dulu.. soalnya kalo cake kukus kan gak akan pernah bantat seperti cake oven..heuehehehe…

Bahan A:
8 btr     telor
250 gr  gula pasir
1 sdm   emulsifier
½ sdt    garam

Bahan B:
250 gr  tepung terigu
50 gr    susu bubuk

Bahan C:
50 gr    mentega, lelehkan
50 gr    susu segar

Bahan D:
75 gr    margarine, lelehkan
2 sdm   kopi instan, cairkan
1 sdm   mocca pasta

Cara membuatnya:
kocok bahan A hingga mengembang dan kental, masukkan bahan B sambil diayak. Aduk rata. Timbang, bagi 2 sama rata.
Satu bagian, diberi bahan C, aduk rata, sisihkan.
Satu bagian lagi, diberi bahan D, aduk rata, sisihkan.
Penyelesaian : ambil loyang bulat garis tengah 24cm, taruh satu centhong adonan putih dibagian tengah, tuang diatasnya satu centhong lagi adonan mocca diatasnya, tuang lagi adonan putih, bergantian dengan adonan mocca disatu titik, hingga adonan habis.
Kukus selama 1 jam. Angkat, potong-potong. Sajikan.
Selamat mencoba ya…

mau tau resep bolkus yang paling mudah,murah dan hemat….yup..bolu kukus 10 menit alias bolkus 10 menit. gampang banget bahan-bahannya diperoleh dan lumayan ngirit lah buat yg pengen coba2 praktek kue pertama kali tapi..gak rugi kok coba buat kue yang satu ini..

imagephp.jpg

Bahan:
450 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
1 sdt BPDA
4 btr telur
300 cc air putih / susu encer / santan
1 sdm emulsifer
1 sdt essence pisang

Cara ke-1:
Kocok semua bahan 10 menit, tuang di cetakan yang telah dilapisi kertas, lalu kukus selama 10 menit

Cara ke-2 :
Campur tepung terigu dan baking powder double acting (BPDA), ayak, sisihkan.
Kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental, masukkan tepung dan santan bergantian sambil diaduk hingga rata, beri essence, aduk rata.
Pisahkan sedikit adonan, beri pewarna. Tuang kedalam cetakan, kukus selama 10 menit
ok. selamat mencoba yaa.

resepnyliem.jpg

rame2 para milis ngasih resep browkus tapi aku lebih tertarik sama resep brownies nya ny.liem ini, selain gampang buatnya, rasanya tuh ennnak banget, ampir2 mirip lah dengan browkusnya amanda, aku buat pertama kali waktu miswa ku ultah, kirain bakal gagal, tapi ternyata hasilnya lumayan enak, setelah itu dibagi2in ma temen2 kantornya miswa semua pada bilang enak..duh senengnya…

Ingredients:
Telur 6 butir
Gula 225 gram
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt teh
Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk
Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu
Minyak 175 ml
Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak
Susu Kental Manis (SKM) 75 ml

Directions:
Kocok telur dan gula hingga mengembang
Masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata.
Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata.
Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri SKM, aduk rata.
Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I kukus selama 10 menit, tambahkan adonan dg SKM selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM, lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit. Angkat.

tips. agar lebih spesial lagi browkusnya dibuat kaya kue tart aja caranya;
margarin putih 1/4 kilo (kalo aku pake margarin kuning coz disini susah cari margarin putih) dan SKM (susu kental manis) dimixer sampe lembut trus oleskan ke browkusnya secara merata, bagian samping browkus bisa ditempeli coklat batangan yang dipotong dan diiris tipis-tipis, lalu bagian atasnya bisa ditaburi keju parut, sisa adonan mentega dan SKM itu bisa dimasukkan ke dalam plastik segitiga lalu dibuat seperti bentuk bunga diatasnya (seperti buat kue tart).
selamat mencoba yaa..sekali nyoba dijamin pasti pengen buat lagi deh..