aneka masakan


duh…lagi bingung niy menyiapkan bekal yang praktis buat piknik besok ke pantai..iseng-iseng browsing cari resep di internet..eh ketemu resep arem-arem sambel tempe dari mbak fatmah NCC ya udah deh aku praktekkin..nyam…nyam…nyam…

Bahan arem-arem:
500 gr beras pulen
1200 ml santan
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
3 lbr daun salam
1 btg sereh, memarkan
Daun pisang secukupnya
Lidi atau tusuk gigi lancip

Bahan isi:
400 gr tempe, iris kecil
300 gr daging giling
2 lbr daun salam
1 btg sereh, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
100 ml santan kental
Gula dan garam secukupnya

Haluskan:
2 bh cabe merah besar
4 bh bawang merah
2 bh bawang putih

Cara membuatnya:

1. Cuci beras, kukus hingga panas kepul-kepul. Sementara itu masak santan, garam, gula, daun salam, daun sereh, hingga mendidih. Masukkan beras panas kedalam santan. aduk rata, tutup panci dan biarkan hingga santan terserap habis.
2. Masak bahan isi: tumis bumbu halus, salam, sereh dan lengkuas hingga wangi, masukkan daging giling, masak hingga berubah warna, masukkan tempe, aduk rata, tuang santan kental. Biarkan mendidih dan santan surut. Tes cicip rasa.
3. Ambil satu lembar daun pisang, beri 2 sdm nasi aron, pipihkan, beri 1 sdt bahan isi, padatkan dan gulung dalam daun seperti lontong. Semat dua ujungnya dengan lidi atau tusuk gigi.
4. Kukus arem-arem selama 60 menit, hingga tanak. Angkat, dinginkan.

Tips:

* Arem-arem paling banter awet dua hari, makanya ngukus terakhirnya sampai satu jam biar tanak abis deh.
* Nah, jangan isi sayuran, karena sayuran bikin arem-arem cepet rusak. Kalau pakai sayuran arem-arem umurnya satu hari deh.
* Kalau berangkat piknik pagi, bikin arem-arem sehari sebeleumnya oke, malam hari dikukus lagi, pagi tinggal ditenteng.

selamat mencobaaaaa………..

Iklan

milusiram.png

Special dari Gorontalo… cocok banget kalo pas lagi flu berat makan ini bakalan segerrrr deh..selain itu rasanya juga enak banget, berasa pedes, asam n gurih..

Bahan-bahan:

1) 5 bonggol Jagung segar di pipil terus di rebus.. (pake dikit garem sesuai selera)

2) Ikan cakalang… Tuna or Tenggiri kalo suka… yg enak udah dibakar dulu baru di cabik2 kecil. (kalo gak ada ganti ma ikan cue digoreng dan cabik2)

3) 10 bh cabe rawit (banyak terserah yang suka pedes yaa)

4) 10 bawang merah di iris kasar..

5) 2 batang bawang daun , daun kemangi secukupnya.. kedua bahan ini iris halus….

6) 3 bh jeruk lemon… or nipis

7) kalo suka tambahin udang kecil segar.. (lebih enak)

8) Kelapa parut segar dari 1 buah kelapa…

Cara membuat:

Campurkan jadi satu semua bahan-bahan…(praktis kan ! ^ v ^ )…selamat mencoba ya…

Bingung nyari menu masakan buat pesta hajatan, arisan atau catering? coba aja resep ini selain gampang banget buatnya..rasanya juga enyyak banget..gak percaya..?? silahkan cobain yaaa…

Bahan
125 gr Bihun Kering, rendam dengan air panas
3 sdm kecap manis
100 gr daging ayam, potong memanjang
100 gr Udang kupas
1 sdm Saus Tiram
1/2 sdt minyak wijen
1 sdm Kecap ikan
100 ml air
2 batang daun bawang iris

Haluskan:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt merica
garam secukupnya

cara membuat:
1. Tiriskan bihun yang sudah lunak, setelah air habis, aduk rata
2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum,
3. Masukkan ayam dan udang, aduk rata sebentar, lalu masukkan air
4. Masukkan saos tiram, minyak wijen dan kecap ikan, masak hingga mateng
5. Masukkan bihun yang sudah dibalur kecap, aduk sampai rata dan bumbu meresap
6. Masukkan daun bawang, aduk sebentar, lalu angkat
7. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang.